Saturday, December 21, 2013

Mengenal Macro dan Microsoft Visual Basic for Applications di Micorosoft Office Access 2013

Secara sederhana dan singkat saya memahami macro adalah sebagai alat bantu pemrograman visual basic di ms.access. Apabila kita menulis kode di "Microsoft Visual Basic for Applications" / kode editor maka tampilan yang kita peroleh hanya berupa barisan kode-kode saja, sedangkan ketika kita memilih untuk menulis dengan macro, tampilannya akan lebih modern, dan bisa dipahami lebih mudah oleh pengguna awam, atau pengguna yang baru belajar menulis kode visual basic untuk project mereka.

Dibawah ini adalah contoh script kode visual basic untuk membuat login form dengan macro.

Dapat kita cermati, gambar di atas menunjukkan tampilan yang lebih terstruktur, dan terlihat modern. Untuk menambahkan fungsi kita hanya perlu melakukan klik dan mengisi kolom yang bertanda "required"

Kita bandingkan dengan tampilan kode editor jika kita memlih menggunakan [event procedure]


Contoh perbandingan antara macro dengan visual basic kode editor.

Tampilan macro untuk membuat fungsi "Open form"


Tampilan kode editor untuk membuat fungsi "Open form", formatnya sebagai berikut:
        
DoCmd.OpenForm Form Name, acNormal, Filter Name, Where Condition, Data Mode, Window Mode

Dari beberapa ilustrasi di atas, dapat saya simpulkan bahwa macro merupakan kode editor untuk menulis kode visual basic di ms access (di excel juga bisa) dengan tampilan visual yang lebih mudah dipahami, terlebih untuk yang baru memulai belajar pemrogrman VB. Sedangkan untuk Micrososft Visual Basic for Applications merupakan kode editor teks biasa namun dengan fitur yang lebih lengkap, biasanya digunakan untuk kalangan expert dibidang programming VB.

Macro VS Microsoft Visual Basic for Applications?

Jawabannya ada pada pribadi kita masing-masing. Kita lebih nyaman menggunakan yang mana untuk menulis kode/script yang ingin kita buat. Keduannya memliki kelebihan dan kekurangan. Untuk macro, fungsi-fungsi yang tersedia baru fungsi-fungsi basic, susah untuk membuat perintah pengambilan data lewat query dengan SQL statement "INSERT, UPDATE, DELETE, dan lain-lain, namun meiliki tampilan yang lebih menawan dan sistematis. Untuk Kode editor walaupun sederhana namun fungsi yang tersedia full, lengkap (VB6)sehingga lebih mudah untuk menulis kode lewat kode editor jika kita memerlukan fungsi-fungsi yang lebih rumit dan kompleks.

Pengalaman saya, ketika mengenal MS. Access dan baru belajar menyematkan script-script kode tertentu, misalkan untuk membuat form login, saa lebih prefer ke Macro. Namun seiring dengan keterampilan programming saya akan VB alhamdulillah sudah semakin berkembang saya total beralih ke Microsoft Visual Basic for Applications.

Jadi kesimpulannya, macro maupun kode editor sama-sama baik, asalkan kita bisa memaksimalkan fungsinya sesuai dengan kebutuhan, Saran saya untuk yang baru/sedang belajar VB, alangkah baiknya mulai dengan menggunakan macro, setalah nanti merasa sudah cukup terampil dan mahir mulailah beralih ke kode editor. Pilihan tetap di tangan Anda.

Semoga Bemanfaat.

By Trisna Novi Ashari - Universitas Negeri Semarang '11

No comments:

Post a Comment